Sambutan Kepala Sekolah

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Pendidikan yang menginspirasi, itulah cara kami mengelola SMA-IT "Thariq Bin Ziyad" untuk mencapai tujuan sesuai visi, yaitu : "Menjadi SMA Islam berkualitas dan kompetitif yang dapat mewujudkan generasi sholeh dan cerdas".

Rumah kedua (Second Home), ya, kami ingin membuat sekolah menjadi rumah kedua bagi mereka. Dimana mereka betah berada di sekolah, sehingga selalu berada dalam komunitas belajar (learning organization). Dimana di sana ada diskusi, meneliti, menemukan, membaca, beribadah, mengembangkan seni (art), olahraga (Sport), berorganisasi yang akan menjadi pengalaman terindah dan bekal bagi mereka dalam hidup di masa mendatang.


Islamic Character Building (akhlaq). Tentu menjadi hal yang sangat membanggakan melihat siswa yang tumbuh menjadi manusia cerdas tapi juga sholeh, saintis dengan segala maknanya tapi juga islami. Inilah yang menjadi concern kami sejak awal.

Keterampilan Komunikasi (Bahasa dan ICT). Era global, digital life tentu tidak bisa kita hindari, oleh karena itu guru dan siswa harus melek teknologi. Karena sekarang siapa yang menguasai informasi, itulah yang menguasai dunia. Tentu bahasa asing menjadi hal yang kami kembangkan untuk memiliki skill di bidang informasi dan teknologi komunikasi. Apalagi kami mengarahkan lulusan kami bukan hanya masuk perguruan tinggi dalam negeri tetapi juga luar negeri.

"Dan Hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah dibelakang mereka khawatir(kesejahtraan mereka) nya..." Qs: An-Nissa ayat 9
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Nono Ariyandi, Ssi

KURIKULUM

Kegiatan yang dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad menggunakan kurikulum terpadu (Integrated Cuririculum) antara Diknas dan Diniyah dengan pengembangan diantaranya:

  • Konsep Pendidikan Islam terpadu, progaram ini memadukan antara konsep pendidikan Nasional dan Konsep pendidikan Islam
  • Kurikulum 2006 atau KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), merupakan kurikulum yang dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan
  • Muatan Lokal, mengembangkan kemampuan berbahasa asing dan pengenalan teknologi informasi
  • Tahsin Qur'an, mengantarkan siswa menuju penguasaan membaca Al-Quran dengan baik dan Benar.
  • Tahfidz Qur'an, merupakan program menghapal Al-Qur’an yang secara berkala
METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Ceramah/Kuliah, Kisah, Diskusi, Seminar, Project (Portofolio), Experiment, Active Learning, Integrated Learning, Kontruktivisme, Problem Based Learning, Games/Quiz, Simulasi, Inquari, Demonstrasi dan Kooperative Learning.

Selain mendapatkan pelajaran bidang kurikuler siswa mendapatkan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk siswa mengembangkan diri kearah terwujudnya siswa yang berprilaku Islami, Cerdas, Kreatif, mandiri dan mempunyai kepekaan sosial.

SUMBERDAYA MANUSIA

Dalam rangka menciptakan proses pembelajaran yang baik, maka kebutuhan terhadap tenaga pendidik yang berkualitas menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu kami memiliki prinsip bahwa tenaga pendidik yang baik akan menghasilkan kualitas yang baik, untuk itu sejak semula perekrutan tenaga pendidik kami telah menetapkan standar kwalitas pendidik, selain itu juga kami melakukan pembinaan secara intensif dan berkelanjutan.

Tenaga pendidik di Thariq Bin Ziyad terdiri atas guru-guru yang berpengalaman , tartil membaca Al-Qur’an, berwawasan luas, berfungsi sebagai pendidik, da’i dan pejuang serta mempunyai komitmen tinggi terhadap Islam dengan kompetensi yang di miliki.




"... Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahian beberapa derajat" (Q.S Al Mujaadilah : 11)